Adhien

Setitik…Namun Pasti..

Batik Drakula

Ada-ada saja kreasi perajin untuk memberikan nama. Ternyata, namapun bisa mengundang peminat. Seperti yang dilakukan Yani, seorang perajin dan pengusaha batik asal Sidoarjo, Jawa Timur. Sebuah model baju batik yang dinamakannya drakula, laku keras dibeli pengunjung Ina Craft 2008 yang tengah digelar di Jakarta Convention Center, Sabtu (26/4).

Sebenarnya, model baju itu cukup simpel. Kerahnya tegak berlipit hingga menutupi leher. Kenapa diberi nama Drakula, serem bener? “Salah satu alasan, memang untuk menarik orang. Modelnya juga kreasi saya sendiri. Dikasih nama drakula, karena kerahnya itu nutupin sampe leher, kaya bajunya drakula,” kata Yani.

Diakui dia, batik saat ini tengah jadi primadona. Selain model drakula, baju batik model balok (dibagian tangannya menggelembung) juga sangat diminati. Selama 3 hari pameran ini, stan Yani telah menjual tak kurang dari 30 potong baju. Bahkan, ia juga menerima order besar dari seorang pembeli asal Medan dan Batam. Harganya relatif terjangkau antara Rp200 ribu hingga Rp250 ribu.

“Makanya, sekarang yang tengah dikembangkan batik yang warna-warna cerah, juga model yang ngikutin trend. Peminatnya sekarang nggak hanya orang tua lo, banyak juga yang anak-anak muda,” lanjutnya. Seorang pembeli yang ditemui Kompas.com, Irsa (26) pun mengakui bahwa ia baru saja menjadi penggila batik. Alasan yang dilontarkannya, karena model baju batik dan coraknya saat ini tak terlalu klasik.

“Warnanya lihat saja, berani. Modelnya pun keren. Kita yang muda-muda jadi nggak minder kalo mau make. Apalagi di kantor saya setiap Jumat harus pake batik, jadi seneng aja, bisa gaya dengan batik,” ujar Irsa, yang telah membeli dua potong baju. Untuk itu, ia merogoh koceknya Rp450 ribu.

Harga batik yang ditawarkan berbagai stan pun beragam. Di salah satu stan bahkan ada yang menawarkan harga per potong kemeja seharga Rp599 ribu. Harga yang tinggi ini membuat Rini, yang berniat membeli mundur beberapa langkah. “Gila, mahal banget. Katanya karena batik tulis. Padahal di tempat lain nggak semahal itu,” gerutunya.

Penasaran dengan batik drakula dan balon? Tenang, Ina Craft masih akan berlangsung hingga hari Minggu besok. Tak hanya baju batik, beragam hasil kerajinan dari berbagai daerah juga diperdagangkan di ajang tahunan itu.

Mei 1, 2008 - Posted by | Sekedar Tau

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: